3 Tips Penting Menabung Untuk Mahasiswa

Jika kamu seorang mahasiswa, tentunya kamu pernah mengalami kondisi seperti pada gambar. Ya, uang jajan atau uang bulanan kamu habis sebelum waktunya. Biasanya hal seperti ini terjadi pada mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua atau ngekos. Kebutuhan sehari-hari seperti makan, transport, bukupelajaran, dan hiburan semua ditangguhkan pada satu uang bulanan sehingga menyulitkan kamu untuk menyisihkan uang bulanan. Nah, jika kamu adalah salah satu diantara para mahasiswa yang kesulitan untuk menabung, berikut kami berikan tips dan solusinya untuk kamu.

 

1. Sisihkan Rp5.000 per hari

Hal paling mendasar untuk menabung adalah melakukan perubahan, salah satunya dengan mengubah kebiasaan kalian untuk menabung minimal Rp5.000 per hari. Uang tersebut bisa ditempatkan pada celengan ataupun amplop kecil, sehingga terpisah dari uang bulanan kamu. Jika hal ini bisa kamu terapkan dengan rutin selama sebulan, maka kamu sudah berhasil menyisihkan sebesar Rp150.000. Lumayan,bukan?

 

 

2. Rp. 25.000 = Rp. 100.000

Jika kamu mendapatkan uang jajan per bulan atau uang bulanan, ada baiknya kamu menargetkan pengeluaran kamu per minggunya. Misalkan uang bulanan kamu Rp1.000.000/bulan, 1 bulan ada 4 minggu, kamu bisa bagi uang bulanan tadi menjadi 4 sehingga perminggunya kalian hanya menghabiskan uang sebesar Rp250.000. Dalam 1 minggu terdapat 5 hari kerja dan 2 hari libur.

Usahakan kamu hanya menghabiskan uang sebesar Rp25.000 pada hari kerja,sehingga dalam 5 hari kalian menghabiskan Rp125.000. Nah, untuk akhir pekan usahakan kamu hanya menghabiskan Rp50.000 per harinya, jadi dalam seminggu kamu menghabiskan Rp225.000. Karena uang bulanan kamu sudah dibagi 4 menjadi Rp250.000 per minggunya, maka jika kamu menggunakan metode di atas tadi, kamu bisa menyisihkan uang sebesar Rp25.000/minggu atau setara dengan Rp100.000/bulan. Patut dicoba pastinya!

 

 

3. Kebutuhan>Keinginan

Last but not least, tips yang ini kadang sulit untuk diterapkan khususnya bagi kalian para mahasiswa. Ada diskon sedikit, beli. Ada tempat yang hype, langsung datang kesana. Ujung-ujungnya kamu sendiri yang kesulitan karena uang bulanan kamu sudah habis untuk hal-hal yang tidak penting.

Biasakan diri kamu untuk memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Lebih baik tabung dulu uangmu, jika memang betul-betul ingin membeli suatu barang, tidak ada salahnya untuk menabung terlebih dahulu demi mendapatkan barang yang kamu inginkan dengan kualitas yang lebih baik,bukan? Sekedar info aja teman-teman, barang diskonan biasanya model lama dan harganya sudah dinaikkan terlebihdahulu.

 

HaloMoney.co.id

Foto ilustrasi via HaloMoney.co.id

Hayoo..mikir dua kali,kan?

Jika kamu mampu menggunakan ketiga tips menabung di atas, percaya deh, di bulan-bulan ke depannya dompet kalian tidak akan seperti gambar di atas lagi. Setidaknya Rp100.000 pasti akan tersisihkan dengan sendirinya, tinggal dari kalian sendiri mau digunakan untuk apa uangnya.

Ingat sekali lagi, perubahan itu penting dalam proses menabung, menahan diri pada godaan yang datang dari teman teman kita sekitar pastinya sulit sekali, tapi itu semua akan setimpal dengan hasil akhirnya.

Jika kamu hanya berhasil menabung sebesar Rp25.000/ bulan, tidak perlu khawatir. No matter how small your progress is, a progress is still a progress. Selalu ingat pepatah “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Selamat Menabung, Guys!

 

Sumber: HaloMoney | Situs Perbandingan Terdepan di Indonesia