5 indikasi Kamu Akan Bangkrut Saat Pensiun

Tips Keuangan.

Jangan sampai hal ini terjadi pada kamu! Kamu mau mengalami banyak kesulitan di masa tua? Tentu tidak bukan? Mulailah berpikir panjang dari sekarang, karena apapun yang kamu lakukan hari ini, akan berdampak kepada masa depan kamu sendiri! Apa saja hal yang harus kamu perhatikan untuk menghindari bangkrut saat pensiun? Check this out!

 

  1. Pengelolaan Utang yang Jelek

Apakah Kamu selalu berjuang untuk membayar kartu kredit dan pinjaman pribadi? Jika Kamu selalu gagal membayar tagihan, hutang Kamu akan menumpuk. Bisa-bisa, Kamu terjebak membayar hutang hingga masa pensiun. Jangan biarkan hal itu terjadi.

Penting bagi Kamu untuk memilih kartu kredit yang tepat, pahamilah manfaat kartu kreditmu dan apa fitur kartu kredit lainnya yang berguna untuk jangka panjang! Bandingkan di sini!

 

  1. Kurang perencanaan

Kita tidak selalu mengatur pengeluaran kita dengan teliti, termasuk tagihan bulan seperti listrik, makanan, cicilan, dan pendidikan anak-anak kita. Kamu seharusnya membuat anggaran bulanan untuk ini.

 

  1. Tabungan yang tidak memadai

Mungkin Kamu tidak bisa menabung banyak uang karena terus-menerus membeli gadget baru. Akibatnya, jika ada pengeluaran darurat, Kamu terpaksa memanfaatkan sedikit uang yang telah Kamu sisihkan sebagai tabungan atau dana pensiun!

 

  1. Pengeluaran yang tidak perlu

Hilangkanlah pengeluaran tidak perlu, seperti mengadakan pesta ulang tahun mewah yang memaksa Kamu untuk mengambil pinjaman atau membayar dengan kartu kredit. Akan lebih baik bila Kamu meletakkan uang itu di rekening tabungan atau bahkan dana pensiun Kamu!

 

  1. Terlalu Takut untuk Investasi

Memasuki dunia investasi bisa membingungkan dan menakutkan, terutama jika Kamu baru pertama kali menempatkan dana dalam saham, obligasi, atau bahkan emas atau properti. Namun, ini adalah cara yang baik agar Kamu memiliki aset tambahan setelah pensiun!

 

Gimana? Sekarang sudah paham kan langkah apa saja yang harus dilakukan kalua kamu gak mau bangkrut saat pensiun? Kalau modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha, udah punya? Coba bandingkan beberapa kelebihan produk KTA sekarang, klik di sini!

 

Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!

 

Sumber: HaloMoney | Situs Perbandingan Terdepan di Indonesia

 

Tags:

Leave a Reply