Enam Pengeluaran Tidak Penting yang Sering Kamu Lakukan

Pernah kan kamu menyadari kalau kamu beberapa kali melakukan pengeluaran tidak penting padahal seharusnya kamu bisa berhemat? Biasanya ini baru disadari kalau kamu keluar dari restoran, supermarket, atau kafe. Menyesal? Yup, tentu saja. Tetapi terlambat, uang kamu sudah melayang hanya karena kamu sulit menahan nafsu.

Konsep ber-hemat sebenarnya bukan hanya soal pengeluaran yang bijaksana. Ber-hemat artinya bisa membuat orang lebih cerdas untuk tahu mana yang penting dan mana yang tidak penting.

Berikut ini ada enam jenis pengeluaran tidak penting yang secara tidak sadar sering kita lakukan. Penasaran? Silakan dicek:

 

1. Upgrade makanan atau minuman di restoran

Biasanya tawaran ini banyak terjadi di restoran cepat saji. Para pramusaji akan menawarkan kamu meng-upgrade ukuran burger, french fries, atau minuman soda ke ukuran yang jumbo dengan menambah sedikit uang. Tahukah kamu kalau terkadang kamu tidak membutuhkan untuk meng-upgrade makanan kamu? Porsi yang disediakan cukup banyak. Akibatnya kamu tidak sanggup menghabiskan makanan yang dipesan sementara kamu sudah mengeluarkan sejumlah uang. Mubazir kan?

 

2. Keseringan ke Cafe

Semua setuju kalau nongkrong di kafe atau warung kopi sudah menjadi tren hidup masa kini. Kurang asyik kalau ada pertemuan atau meeting dengan teman sekantor yang dilakukan tanpa ditemani kopi. Yang lebih parah lagi, banyak orang yang lebih suka bekerja di coffee shop sendirian dan memang hidupnya tidak lengkap tanpa ke cafe.

Kalau kamu benar-benar pecinta kopi sejati, kenapa tidak membeli kopi dengan merek yang kamu sukai dan membuatnya sendiri di kantor atau di rumah? Dijamin lebih enak, murah, dan kamu bisa menghemat banyak.

 

3. Tidak membeli kemasan isi ulang

Kopi, gula, dan susu akan lebih mahal bila kamu membelinya dengan botol atau wadahnya sekaligus. Ini sering tidak disadari oleh konsumen yang sedang berbelanja karena mereka berpikir harganya toh sama saja atau tidak punya waktu mengecek satu persatu.

Nah, kenapa kamu tidak membeli kemasan isi ulang produk tersebut dan kemudian mengunakan botol atau wadah dari produk yang kamu beli sebelumnya? Selain lebih murah, kamu tidak akan kerepotan mengurus benda-benda bekas wadah produk yang jelas akan menambah sampah.

 

4. Raja traktir

Menjadi orang yang royal dan suka mentraktir siapapun memang baik, tetapi secara tidak langsung kamu sudah menghabiskan isi dompet untuk pengeluaran yang tidak perlu.

Banyak orang yang demi gengsi sering mengeluarkan ekstra uang untuk membayar makanan teman-temannya. Padahal setelah itu dia kekurangan uang, atau bokek sebelum waktunya gajian.

 

5. Memberi tip terus menerus

Percaya atau tidak, ini juga sumber pengeluaran tak penting yang harus dihindari. Tip memang sering diberikan untuk menghargai layanan dari supir taksi, pramusaji, atau pun petugas keamanan. Tetapi tip juga akan membuat kantong kamu kosong. Cek bon restoran untuk mengetahui apakah ada fee untuk servis. Kalau ada, kamu tidak perlu membayar tip pada pelayan. Jika kamu naik taksi, baiknya kamu membayar dengan uang pas, atau paling besar 10 persen untuk tip supir.

 

6. Malas cari tahu promo kartu kredit kamu

Mengapa? Karena kartu kredit banyak yang memberikan promo atau diskon tertentu sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. Misalnya kalau kamu memiliki kartu kredit BCA, kamu bisa ikut promo buy one get one untuk membeli tiket menonton bioskop atau potongan 15 persen saat kamu memesan Pizza di Pizza Hut. Kartu kredit BCA bahkan memberikan diskon hingga 30 persen di Optik Seis untuk pembelian kacamata.

Kalau kamu suka belanja di Carrefour dan punya kartu kredit bank Mega, kamu juga dapat diskon 10 persen dari total belanja kamu. Lumayan kan? Buat apa mengeluarkan uang bila tidak perlu? Selamat berhemat!

 

Sumber: HaloMoney | Situs Perbandingan Terdepan di Indonesia

Tags:

Leave a Reply