Perbandingan Tabungan Online di Indonesia

Mengenal Tabungan Online

Pekembangan teknologi diikuti dengan berkembangnya pengguna digital. Hal ini disebabkan teknologi mampu memberikan manfaat yang lebih,  terutama dalam menunjang gaya hidup kita yang kian hari semakin dituntut serba cepat, tepat, mudah dan juga praktis.

 

Pernah mendengar Tabungan Online? Apa beda dengan Tabungan Konvensional? Apa kelebihan dan kekurangannya?

 

Tantangan yang kita hadapi setiap hari pun meningkat, mulai dari aktivitas yang padat, pekerjaan yang menumpuk, dan lalu lintas yang kian macet bagi Anda yang tinggal di kota besar.

Perkembangan teknologi pun berlaku juga dalam hal menabung. Meskipun, kita memiliki aktivitas yang padat, tentunya tetap harus memikirkan masa depan melalui perencanaan keuangan yang baik.

Bagi Anda yang masih merasa susah menabung, simak artikel 5 Cara Menabung Seru.

Tabungan merupakan salah satu instrumen dalam mengelola atau merencanakan keuangan. Tentunya, tabungan dalam masa sekarang kita harapkan dapat  memberikan manfaat lebih tanpa harus bersusah payah untuk mendapatkannya. Setujukah Anda?

 

Manfaat Tabungan Online dan Digital Banking

Maka dari itu hadirlah kemudahan layanan finansial yang dikenal dengan Tabungan Online. Manfaat Tabungan online dan digital banking antara lain sebagai berikut:

1. Hemat waktu, mudah, praktis dan nyaman.

Karena biasanya pihak bank memberikan fasilitas atau layanan khusus dalam pembuatan/pendaftaran tabungan.
2. Bagian dari gaya hidup modern.

Selain dari layanan pendaftaran, pada umumnya pihak bank memberikan kemudahan layanan finansial seperti mobile banking, mobile apps, internet banking, cek saldo, transfer rekening, dll. Intinya akses rekening bank kita, kapan saja dan dimana saja.
3. Promo dan layanan khusus.

Karena manfaat tabungan online atau digital banking ini belum banyak dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat, pihak bank memberikan promosi khusus supaya masyarakat beralih ke layanan digital banking. Promosi yang diberikan antara lain: suku bunga tinggi, poin rewards, diskon merchant tertentu, dan lain-lain.
4. Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Pemerintah dan Bank Indonesia memperkenalkan GNNT pada 2014 lalu. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai, sehingga berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai (Less Cash Society/LCS) khususnya dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya.  Kenapa non tunai? Dengan beralih kepada transaksi non-tunai, risiko tindak kejahatan seperti: pencucian uang, perampokan dan lain-lain dapat berkurang bahkan dihilangkan. Gerakan untuk beralih ke non-tunai ini pun dapat memperkecil tingkat peredaran uang di Indonesia. Tahukan Anda semakin tinggi peredaran uang akan mengakibatkan inflasi ekonomi di Indonesia. Baru tahu kan? 🙂

 

Perbandingan Sederhana Tabungan Online

Setelah kita mengetahui manfaat tabungan online dan digital banking, pertanyaan berikutnya adalah Bank apa yang memberikan layanan digital banking terbaik? Mari kita lihat layanan tabungan online beberapa bank di Indonesia berikut.

 

Tahapan dari Bank BCA  (www.klikbca.com diakses pada 28 Maret 2015)

  • Memiliki 4 produk tabungan dengan fitur beragam antara lain: Tahapan (setoran awal minimum Rp. 500.000) , Tahapan Xpresi (setoran awal + kartu minimum Rp. 75.000), Tapres (Setoran awal minimum Rp. 5 Juta) dan BCA Dollar (setoran awal minimum USD 100 atau SGD 200).
  • Pembukaan rekening data dilakukan melalui situs KlikBCA untuk mendapatkan nomor referensi, kemudian calon nasabah tetap datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan pembukaan rekening. (tetap datang ke kantor cabang)
  • Fasilitas Digital banking melalui SMS BCA, m-BCA, BCA mobile dan Klik BCA.

 

Mandiri Tabungan dari Bank Mandiri (www.bankmandiri.co.id diakses pada 28 Maret 2015)

  • Pembukaan rekening dilakukan di seluruh kantor cabang Bank Mandiri dengan minimum setoran awal Rp. 500.000. (belum secara online).
  • Fasilitas Digital banking melalui Mandiri SMS, Mandiri e-Cash, Mandiri e-Money, Mandiri Internet dan Mandiri Call untuk kenyamanan  bertransaksi dimana saja dan kapan saja.
  • Layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di beberapa Cabang.

Tabungan Plus dari Bank BNI (www.bni.co.id diakses pada 28 Maret 2015)

  • Pembukaan rekening dilakukan di seluruh kantor cabang Bank BNI dengan setoran awal Rp 500.000 (jabodetabek) atau Rp 250.000 (luar jabodetabek). (belum secara online).
  • Fasilitas digital banking antara lain BNI Card, BNI Phone Banking, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking dan BNI Token.

 

tabungan online

foto kredit penapujangga.blogspot.com

 

Tabungan Britama dari Bank BRI (www.bri.co.id diakses pada 28 Maret 2015)

  • Pembukaan rekening dilakukan di seluruh kantor cabang Bank BRI dengan minimum setoran awal Rp. 250.000. (belum secara online)
  • Fasilitas Digital banking antara lain SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll.
  • Asuransi kecelakaan diri. Setiap nasabah dengan saldo minimum Rp 500.000,- berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri (personal accident) dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp.150.000.000,-

 

Tabungan Online Sinarmas dari Bank Sinarmas (www.banksinarmas.com diakses pada 28 Maret 2015)

  • Pembukaan rekening secara online tanga harus datang ke kantor cabang dengan setoran awal Rp. 50.000. Saat ini sedang terdapat promo dimana saldo tabungan bisa 10x lipat dan suku bunga deposito sampai dengan 9%. Keterangan lebih lengkap langsung ke www.banksinarmas.com atau klik banner dibawah.
  • Fasilitas digital banking antara lain internet banking, phone banking, Simas mobile, Simobi Plus.

 

Untuk Diperhatikan

Artikel diatas adalah komparasi sederhana untuk memudahkan Anda dalam mencari layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak untuk dijadikan acuan bagi Anda dalam memilih tabungan. Keputusan untuk memilih kembali kepada Anda.

Menabung merupakan salah satu instrumen penting dalam merencanakan keuangan, dan kita di hari ini adalah “makhluk digital” yang berharap dimudahkan oleh kemudahan teknologi. Era baru menabung, era digital banking. Salam Sukses!

 

Baca Juga:

Tags:

Leave a Reply