Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

Perencanaan keuangan yang baik merupakan modal utama dalam menyiapkan masa depan Anda dan keluarga. Dengan perencanaan keuangan yang matang maka anda akan memiliki back-up keuangan yang tidak akan membuat anda berfikir untuk bekerja keras di masa depan karena segala persiapan telah anda atur sedini mungkin. Perencanaan keuangan berguna untuk meminimalisir resiko yang akan timbul pada saat yang tidak anda duga, mempersiapkan masa pensiun anda, perlindungan asset dan meminimalkan kewajiban pajak Anda nantinya.

Perencanaan keuangan dapat anda implementasikan dalam bentuk tabungan. Salah satu bank yang mampu memberikan fasilitas tersebut yaitu bank Sinarmas. Bank yang mampu menggandeng masyarakat lapisan menengah ke bawah ini menyediakan suatu program yang bernama Sinarmas Investment Plan atau biasa disebut dengan SIP.

Dalam program tersebut, dikenalkan bahwa perencanaan keuangan merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan hidup melalui pengelolaan keuangan yang direncanakan secara terintegrasi dan terencana karena perencanaan keuangan ini memiliki suatu tujuan dan jangka waktu perencanaan yang dibuat dengan lama waktu yang harus spesifik.

Perencanaan Keuangan adalah suatu proses untuk mencapai tujuan hidup

Pertanyaan yang sering muncul bagi kebanyakan orang yaitu mengapa perlu membuat suatu perencanaan keuangan? kami akan memberikan beberapa alasan bagi Anda untuk melakukan perencanaan sedini mungkin.

  1. Hal pertama yang perlu anda perhatikan yaitu adanya tingkat inflasi. Seperti yang kita tahu bahwa hampir setiap tahun kenaikan harga barang-barang terus terjadi dan hal ini terjadi terus menerus dalam kurun waktu tertentu di masyarakat. Jika dilihat secara umum maka kenaikan harga yang terjadi mengakibatkan meningkatnya kompensasi atau uang yang dibutuhkan guna mendapatkan barang/jasa yang memiliki nilai yang sama sehingga kenaikan inflasi akan menentukan daya beli pada masyarakat.
  2. Selanjutnya kebutuhan Anda yang akan selalu berubah. Belum tentu kebutuhan Anda satu tahun yang lalu dan kebutuhan anda sekarang tetap sama. Pasti ada beberapa hal yang muncul dan merubah prioritas kebutuhan Anda dan apa yang ingin Anda lakukan seperti contohnya kebutuhan untuk memiliki rumah, membeli kendaraan, kebutuhan untuk anak dan lain sebagainya.
  3. Selain itu investasi seperti deposito ataupun tabungan sudah dianggap menjadi produk konvensional karena tingkat pengembalian tabungan atau deposito berada di bawah angka inflasi sehingga terkadang banyak dari Anda yang memanfaatkan peluang lain sebagai alternatif investasi perputaran uang yang Anda miliki.
  4. Dan alasan terakhir yaitu jika Anda tidak memiliki perencanaan keuangan maka hal ini akan menjadi penyebab adanya stress keuangan karena kemungkinan besar Anda tidak memiliki suatu investasi yang terintegrasi atau terencana untuk tujuan hidup Anda. Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki suatu perencanaan keuangan sejak sekarang.

 

Konsep perencanaan keuangan dari Bank Sinarmas yaitu dengan memberikan jangka waktu yaitu untuk kebutuhan jangka pendek, jangka panjang dan jangka menegah. Dengan melakukan perencanaan keuangan maka anda dapat mengelola pendapatan dan pengeluaran anda sehingga anda dapat mengatur keuangan anda dan mengetahui kondisi keuangan anda. Selain itu Anda telah merencanakan masa depan Anda dengan menetapkan tujuan anda dan anda dapat mengevaluasi kemajuan keuangan Anda.

Sehingga program perencanaan keuangan SIP dari bank sinar mas ini akan menunjang kebutuhan investasi anda secara berkala melalui produk reksadana sinar mas. Dengan memilih program ini maka anda dapat memiliki strategi investasi yang ada lakukan secara rutin yang bertujuan untuk membuat investasi menjadi optimal tanpa mempertimbangkan apa yang terjadi di pasar dari sisi perekonomian pada saat itu. Anda juga dapat mengatur investasi anda dengan nyaman dan dapat pula dengan menyicil investasi yang memiliki nominal investasi yang rendah sesuai dengan kemampuan Anda. Sudahkah Anda melakukan perencanaan keuangan?

Pendaftaran SinarMas Digital Banking

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply