Memilih Tabungan Pendidikan

Biaya pendidikan dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga mempersiapkan tabungan pendidikan pada era saat ini merupakan hal yang wajib. Tabungan pendidikan adalah salah satu produk tabungan yang dijamin oleh LPS (sampai jumlah tertentu dan mengikuti ketentuan bunga maksimum). Secara sederhana jika bank collpase, tabungan Anda aman karena ada jaminan dari LPS.

Tabungan Pendidikan merupakah pilihan paling populer dalam mempersiapkan biaya sekolah anak Survei Kompas pada 2012 lalu menunjukkan hampir 90% responden menyebutkan tabungan pendidikan sebagai pilihan mereka. Survei majalah Swa pada 2012 lalu juga menyimpulkan hal yang sama, yaitu mayoritas masyarakat kelas menengah memiliki tabungan rencana atau tabungan pendidikan untuk mempersiapkan biaya sekolah.

Tabungan pendidikan sendiri merupakan tabungan yang berjangka dimana tabungan ini dikeluarkan oleh bank yang memiliki bunga di atas bunga tabungan biasa yang ditawarkan oleh bank. Jangka waktu dari tabungan pendidikan biasanya diatur sesuai dengan pembiayaan pendidikan anak yang menjadi objek tabungan pendidikan ini dibuat. Biasanya jika penarikan atau pengambilan uang tabungan dilakukan sebelum batas waktu dimana kontrak dibuat maka pemilik akan dikenakan denda sesuai dengan perjanjian awal.

 

Memilih Tabungan Pendidikan

Salah satu bank yang memiliki program tabungan pendidikan adalah bank Sinarmas. Bank yang belakangan telah tumbuh dengan menargetkan masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah sebagai segmentasi pasarnya. Bank Sinarmas memiliki program tabungan pendidikan yang bernama Tabungan Simas Rencana atau biasa disebut dengn TARA. Tabungan ini merupakan tabungan berjangka dimana mampu memberikan kemudahan dalam pengolahan dana dan juga investasi guna perencanaan di masa depan termasuk pula perencanaan pendidikan anak.

Tabungan ini merupakan tabungan yang diperuntukkan hanya untuk perorangan dan dalam mata uang rupiah. Untuk tabungan pendidikan, jika anak masih dibawah usia untuk diperbolehkan  untuk memiliki perwalian dalam pembuatan rekening untuk pendidikan anak.

Tabungan pendidikan yang dimiliki oleh Sinarmas sendiri ditujukan untuk semua kalangan masyarakat terutama, keluarga muda. Dan tidak tertutup pada nasabah baru bank Sinarmas, nasabah yang sudah memiliki tabungan reguler pun dapat memilih opsi tersebut.

Tabungan ini juga diperuntukan untuk usia pelajar sekolah maupun mahasiswa, hal ini dimaksud untuk membangun dan juga membudayakan kebiasaan menabung sejak dini.

Lebih dianjurkan untuk lebih awal membuat tabungan pendidikan sebagai bentuk perencanaan untuk masa depan Anak.

Dengan mengikuti program tabungan ini maka Anda akan mendapatkan kelebihan antara lain seperti mendapatkan bunga premium dimana biasanya bunga ini lebih tinggi dari jenis tabungan lain.

Selain itu, anda dapat dengan flexible untuk memilih sendiri jumlah setoran bulanan dan juga jangka waktu yang anda pilih dalam tabungan anda. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan pada rencana masa depan yang Anda buat. Kelebihan dari tabungan Bank Sinarmas, yaitu mendapatkan gratis biaya administrasi dan fasilitas auto debet di rekening tabungan bank sinar mas, yang membuat Anda disiplin dalam menyisihkan pengeluaran.

Mengelola Pengeluaran, Kunci Keuangan Yang Sehat.

Pada tabungan rencana masa depan, setelah jangka waktu tabungan Anda habis maka uang anda akan langsung cair ke dalam rekening anda secara langsung. Maka dari itu rencanakanlah masa depan pendidikan anda dengan membuat tabungan pendidikan untuk masa depan yang lebih baik. Salam Sukses!

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply