Apakah Anda tahu Kalau Setiap Tahun Rp 1.2 juta Terbuang Hanya untuk Nonton Bioskop?

Apa yang Anda kerjakan saat weekend atau liburan?

Yang Pasti banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk berenang-senang saat weekend atau liburan, termasuk bercengkrama dengan keluarga di rumah, jalan-jalan ke department stores, atau mungkin menonton bioskop.

 

Menonton bioskop menjadi alternatif untuk Anda yang suka mengikuti perkembangan film terbaru dan bersantai setiap akhir pekan. Siapa pun akan terhibur dan rileks berada di dalam ruang bioskop yang dingin dengan suasana nyaman, layar besar, sound system yang nge-bass dan satu plastik pop corn di tangan.

 

Tapi tahukah Anda kalau aktifitas menonton ini lumayan menguras kocek Anda?

 

Misalnya saja sekali setiap minggu Anda ke bioskop dan menghabiskan Rp 50.000 untuk selembar karcis. Pengeluaran Anda akan bertambah saat membeli snack dan minuman. Kalau ditotal kemungkinan Anda akan mengeluarkan minimal Rp 100.000 seminggu untuk sekali nonton.

 

Kalikan angka itu sebanyak 4 kali, jadi Anda harus merogoh kocek Rp 400.000 selama sebulan. Bagaimana dengan setahun? Anda pasti tidak percaya kalau Anda selalu mengeluarkan uang Rp 4.8 juta setiap tahun hanya untuk menonton bioskop! Padahal dengan angka itu Anda bisa membeli sebuah gadget terbaru yang cukup canggih.

 

Angka itu memang mencengangkan, tetapi sebenarnya ada cara untuk menghemat yang bisa Anda lakukan. Misalnya mengurangi frekwensi menonton bioskop, membuat prioritas film yang harus ditonton, atau jalan lain yang bisa Anda lakukan adalah mengunakan kartu kredit.

 

Kartu kredit? Ya. Beberapa bank penerbit kartu kredit memberikan promosi yang cukup menarik untuk bidang entertaiment, termasuk tiket gratis atau buy one get one free.

 

Portal pembanding keuangan Halomoney.co.id menemukan kalau dengan menggunakan kartu kredit sebenarnya orang bisa menghemat hingga Rp 200 ribu setiap bulan, yang kalau dihitung secara tahunan bisa menghemat hingga Rp 1.2 juta! Asumsinya mereka menggunakan fasilitas tiket gratis atau dengan menggunakan fasilitas buy one get one. Lumayan kan?

 

Tiga kartu kredit yang rajin memberi tiket gratisan ini misalnya Kartu Kredit BCA, Permata Shopping Card Classic, dan ANZ Titanium. Kartu kredit permata misalnya memberikan satu tiket gratis setiap kamis di IMAX & The Premierre XXI Theaters, sementara BCA dan ANZ memberikan satu tiket gratis setiap membeli satu tiket di XXI Cineplex dan Cineplex.

 

Portal halomoney.co.id membandingkan tiga kartu kredit; ANZ Titanium, Permata Shopping Card Classic dan Citi Cash Back Card yang merupakan kartu kredit untuk gaya hidup dan entertainment. Dari perbandingan tersebut disimpulkan kalau Permata Shopping Card Classic merupakan kartu kredit yang lebih menguntungkan pemiliknya karena bisa memberikan tiket bioskop gratis tanpa harus membeli satu tiket sebelumnya.

 

“Perbandingan harus dilakukan secermat mungkin karena promo setiap bank nyaris sama. Perbedaan baru bisa dilihat kalau konsumen lebih teliti,” kata Simon Costello, Co Founder dan Managing Director untuk Halomoney.co.id

 

Dia mengungkapkan kalau proses membandingkan harus selalu dilakukan dan tidak terbatas hanya untuk kartu kredit.

 

“Masyarakat juga harus berhati-hati saat memilih produk lain seperti kredit tanpa agunan (KTA) atau Kredit Multi Guna (KMG). Dengan perbandingan yang cermat, Anda tidak akan salah pilih,” ujar Simon.

 

 

EntertainmentPermata Shopping Card ClassicCiti Cash Back CardANZ Titanium
Key Benefit 13x ANZ Reward points for every IDR 10,000 transaction at Department stores, salon, spa, and fitness centersanywhere in the world2X Rewards Points for any domestic purchase and 3X rewards point for international purchaseBuy 1 get 1 ticket at XXI Cineplex & Cineplex
Key benefit 21 free movie ticket every Thusrday at IMAX & The Premiere XXI Theatres20% discount in 400+ outlets with HSBC Rewards PointGreat for lifestyle!
SaveIDR 50,000 a week or IDR 200,000 a month20% In many outlets as Lazada or ReebonzIDR 50,000 a week or IDR 200,000 a month

 

 

 

Tags:

Leave a Reply