3 Cara Jitu Apply Kartu Kredit via Online (Agar Diterima)

Dengan pesatnya kemajuan teknologi, pada masa sekarang ini dan mendatang media online menjadi sebuah media yang sangat diandalkan oleh banyak orang. Tidak hanya untuk memperoleh informasi, tetapi juga dalam memperoleh layanan finansial. Hal ini terjadi karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan dari media online. Karena via online secara otomatis akan menghemat waktu kita, lebih praktis dan mudah.

Melakukan apply kartu kredit online memang sudah dilakukan banyak orang karena manfaat dari kartu kredit dalam melakukan sebuah transaksi bisnis. Bagi sebagian orang memperoleh kartu kredit via manual atau online memanglah mudah tetapi masih bagi sebagian orang kesulitan atau mengalami kendala dalam memperoleh kartu kredit dan berujung pada penolakan.
Untuk itulah sebelum melakukan apply kartu kredit online Anda perlu mengetahui beberapa hal agar pengajuan Anda dapat diterima. Antara lain, sebagai berikut:

 

  1. Pahami Kebutuhan Anda. Tiap kartu kredit punya keistimewaan sendiri. Apakah kebutuhan Anda untuk potongan harga? fasilitas di bandara? atau Anda mencari cashback? Karena itu sebaiknya Anda tahu jenis kartu kredit apa yang hendak Anda apply. Pada umumnya dalam jenis satu kartu kredit terdapat tiga level dengan manfaat yang berbeda, biasa disebut dengan silver, platinum dan gold. Tiap level kartu ini memiliki kelebihan masing-masing. Untuk itu, Anda harus tahu lebih dulu apa manfaat yang akan Anda terima untuk kartu kredit yang akan Anda apply.
  2. Checklist persyaratan. Sebelum meng-apply, pastikan Anda memenuhi persyaratan pengajuan kartu kredit. Salah satu persyaratannya biasanya adalah punya penghasilan minimum. Syarat lainnya biasanya berumur 21 tahun ke atas.
  3. Siapkan data. Anda perlu siapkan data diri Anda untuk pengajuan kartu kredit online ini. Mulai dari nama, tanggal lahir, no KTP, alamat rumah, nomor telepon, dan data-data lainnya. Data-data tersebut nantinya Anda isikan pada form yang telah disediakan.

 

Setelah Anda memperhatikan ketiga hal diatas, untuk lebih memudahkan lagi kami coba rangkum tiga tips apply kartu kredit via online yang bermanfaat untuk Anda. Yaitu:

 

Apply kepada Bank Tempat Anda Menabung

Cara yang pertama dalam melakukan proses tersebut adalah dengan memilih bank yang sama dengan bank dimana Anda menyimpan tabungan Anda. Beruntung apabila Anda adalah seorang karyawan dimana tempat instansi bekerja berkerjasama dengan pihak bank tersebut dalam fasilitas payrole gaji Anda. Hal ini akan sangat efektif karena bank tersebut pasti akan segan terhadap nasabahnya sendiri terutama jika nasabahnya memang memiliki tabungan yang relatif banyak dan cash flow lancar, sehingga bisa menjamin pinjaman dari hutang kartu kredit Anda. Cara ini direkomendasikan digunakan oleh orang- orang yang memang tidak memiliki pekerjaan yang tetap atau lembaga yang bisa menjamin tentang pinjaman kartu kredit online yang Anda ajukan.

 

Atur Cashflow Anda dan Saldo Tabungan

Selain cara diatas, cara lain yang bisa digunakan agar apply kartu kredit online tersebut bisa diterima yaitu membuat cash flow keuangan Anda besar dan sehat terutama pada 3 bulan terakhir. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh dengan apply kartu kredit online yang Anda ajukan karena bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak bank pengajuan kartu kredit tersebut. Pihak bank tentu akan meminta data-data finansial Anda serta meminta rekening koran terutama pada 3 bulan terakhir. Data-data yang diminta oleh pihak bank inilah yang kemudian yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menerima pengajuan kartu kredit Anda. Tentu saja ini pasti akan dilakukan oleh pihak bank karena merupakan sebuah prosedur yang wajib untuk dilakukan.

 

Domisili Tempat Tinggal Sesuai dengan KTP

Tidak hanya kedua hal tersebut yang menjadi pertimbangan bank dalam menerima pengajuan kartu kredit, tapi juga mengenai lokasi tempat tinggal. Melakukan apply kartu kredit online tentunnya disertai dengan pengisian data diri Anda. Banyak orang yang melupakan hal ini dan menganggap remeh, padahal tidak sedikit orang yang mengajukan kartu kredit entah via online atau manual mengalami penolakan karena tidak mengajukan di tempat yang sama dengan domisili yang ada di KTP. Kenapa hal ini penting?

Pihak bank sangat mempertimbangkan ini karena tidak ingin mengambil resiko yang cukup besar. Resiko bagi pihak bank dalam kartu kredit adalah kredit macet. Adanya sebuah kredit macet tentu membuat pihak bank mencari alamat yang ada pada data saat melakukan apply kartu kredit online dan secara logika tentu saja pihak bank tidak ingin mengambil resiko dengan nasabah yang alamatnya berbeda dengan keterangan yang ada di KTP. Karena untuk saat ini KTP adalah identitas yang paling sahih bagi WNI, walaupun belakangan terdengar rencana pemerintah akan meng-integrasikan KTP secara online. (lets wait and see..)

Tips tambahan yang terkait dengan poin ini, supaya pengajuan kartu kredit diterima,  Anda sebaiknya mendafatar di bank yang memiliki kantor cabang/vertikal yang sama dengan domisili pada KTP Anda.


Demikian, tips yang bisa digunakan saat mengajukan pembuatan kartu kredit. Tips-tips tersebut tentu tidak sulit karena bisa dilakukan dengan sangat mudah dan akan membantu Anda dalam memperoleh kartu kredit dengan segera. Semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

Leave a Reply