6 Tips Agar Pengajuan Kredit Motor Anda Disetujui

Memiliki motor tentunya akan sangat menyenangkan. Selain akan membatu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, dengan adanya motor Anda juga bisa bergaya dan lebih percaya diri. Maka saat ini memiliki motor memang sepertinya menjadi sebuah keharusan bagi setiap keluarga. Apalagi saat ini untuk mendapatkan kendaraan roda dua ini sangatlah mudah. Hanya dengan membayar uang muka dan melengkapinya dengan beberapa dokumen yang dipersyaratkan, maka Anda akan sudah bisa membawa pulang sepeda motor yang Anda inginkan. Membeli secara kredit memang telah menjadi andalan untuk memiliki motor. Dengan membeli secara kredit, seseorang tak perlu menyiapkan dana tunai yang besar untuk memiliki motor. Ini karena membeli secara kredit hanya akan mengharuskan Anda melunasi motor dengan cara mencicil atau mengangsur setiap bulannya.

Meskipun terlihat menyenangkan, namun untuk bisa mendapatkan motor secara kredit ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sang pengaju. Maka ketika Anda akan mengajukan pembelian secara kredit kepada dealer, sebaiknya Anda sudah siap dengan segala persyaratan yang diharuskan untuk dipenuhi. Mengajukan pembelian motor secara kredit memang tak bisa langsung membuat permintaan Anda diterima pihak dealer karena adanya pertimbangan yang tidak sesuai dengan persyaratan. Maka dari itu agar pengajuan permintaan kredit Anda bisa disetujui, Anda perlu memperhatikan dan menjalankan tips-tips berikut ini dari situs kredit motor cermati.com.

asuransi kendaraan

Foto ilustrasi

  1. Pastikan Nama Anda Tidak Di Blacklist Leasing/Bank Indonesia dan Memiliki Track Record Pembayaran Yang Baik

Tips pertama agar pengajuan pembelian motor dengan kredit Anda disetujui oleh pihak dealer adalah dengan memastikan bahwa nama Anda tidak masuk dalam daftar hitam (blacklist) leasing atau Bank Indonesia. Lebih dari itu Anda harus bisa mengusahakan untuk memiliki track record yang baik dalam pembayaran. Dengan memiliki track record yang baik dalam pembayaran maka Anda akan berpeluang besar untuk bisa mendapatkan pengajuan kredit di sebuah dealer. Track record memang sesuatu yang sangat penting jika Anda akan mengajukan kredit. Apabila Anda mempunyai kemampuan untuk membayar tetapi nama Anda sudah di blacklist oleh leasing maka anda tidak dapat mengajukan kredit lagi pada leasing tersebut. Delaer dan leasing memang seringkali akan melakukan survei kepada siapapun yang akan mengajukan kredit motor. Maka sebelum Anda akan disurvey oleh pihak leasing sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu nama leasing yang bekerja sama dengan dealer untuk memastikan Anda tidak pernah ada masalah dengan leasing tersebut.

 

  1. Data-Data Lengkap

Jika memang Anda sudah sangat yakin bahwa Anda tidak ada masalah atau tidak masuk daftar hitam pada leasing tersebut maka Anda lanjut ke tahap berikutnya yaitu melengkapi data dan dokumen. Tahap ini juga sangat penting untuk Anda agar bisa mendapatkan persetujuan permintaan kredit dari pihak leasing dan dealer. Umumnya. data yang diwajibkan untuk dipenuhi dari pihak leasing untuk pengajuan kredit motor adalah KTP dan Kartu Keluarga. Namun tak jarang data dokumen tadi masih dirasa kurang cukup untuk mengajukan kredit. Dan terkadang pihak leasing juga akan meminta data pendukung lainnya seperti slip gaji/surat keterangan kerja, surat keterangan domisili, surat nikah, surat kepemilikan rumah, surat kematian dan lain-lain. Mengapa demikian? Ini dikarenakan dilakukan oleh pihak leasing untuk menyesuaikan kondisi pihak pengaju kredit pada saat anda disurvey.

 

  1. Mempunyai Pekerjaan/Penghasilan Tetap Dan Dapat Dibuktikan

Hal lain yang seringkali menjadi pertimbangan leasing untuk menerima permintaan kredit adalah pekerjaan dan penghasilan tetap. Ya, pada saat Anda mengajukan kredit motor dalam keadaan belum memiliki pekerjaan maka permintaan Anda akan sulit untuk diterima. Ini karena pihak leasing ingin setiap para debitur tidak mengalami kredit macet saat masa angsuran berlangsung. Maka dari itu agar permintaan kredit Anda disetujui sebaiknya Anda telah memiliki pekerjaan yang tetap dan telah menjalankan masa kerja minimal 3 bulan. Namun dengan penghasilan per-bulan yang cukup, mungkin saja dengan masa bekerja 1-2 bulan tidak menutup kemungkinan pengajuan kredit anda akan disetujui. Seperti seorang pengusaha/wiraswasta saat mereka akan mengajukan kredit, disetujui atau tidak kembali lagi kepada penghasilan yang mereka dapatkan setiap bulannya.

 

  1. Mengajukan Kredit Dengan Uang Muka yang Lebih Besar

Solusi berikutnya untuk Anda agar pengajuan permintaan kredit Anda bisa disetujui oleh pihak leasing adalah dengan cara mengajukan uang muka (DP) yang lebih besar. Mengajukan kredit dengan uang muka yang lebih besar memang akan membuat peluang permintaan kredit Anda untuk disetujui lebih besar. Uang muka besar yang dimaksud adalah uang muka 30 % dari harga On The Road. Jadi memang semakin besar uang muka yang Anda ajukan, semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan persetujuan dari leasing atas permintaan pembelian kredit yang Anda ajukan.

 

  1. Memiliki Tempat Tinggal Jelas

Rumah sebagai tempat tinggal yang Anda diami saat ini ternyata juga menjadi salah satu pertimbangan pihak leasing untuk menyetujui atau tidak permintaan kredit Anda. Maka untuk bisa membuka peluang besar agar pengajuan Anda diterima, Anda harus bisa memastikan untuk memiliki rumah yang tetap dan jelas. Bagaimana dengan orang yang masih menyewa rumah atau kontrakan? Jangan khawatir, Bagi Anda yang tempat tinggalnya masih sewa, Anda juga masih berpeluang mendapatkan kredit motor. Syaratnya Anda harus sudah mendiami tempat tinggal sewaan atau kontrakan tersebut dengan kurung waktu di atas 3 bulan.

 

  1. Usia Pemohon minimal 21 Tahun Dan Maksimal 60 Tahun

Terakhir, tips agar pengajuan kredit motor Anda disetujui adalah dengan menyesuaikan usia Anda di kisaran atau diantara 21-60 tahun. Maka apabila Anda masih belum berusia 21 tahun atau diatas 60 tahun Maka lebih baik Anda mengurungkan niat Anda membeli secara kredit. Namun jika Anda masih sangat ingin mendapatkannya, Anda bisa mengganti permohonan Anda dengan nama orang lain yang masih berusia diantara 21 hingga 60 tahun untuk bisa mendapatkan motor secara kredit ini.

Inilah beberapa informasi terkait tips mengajukan kredit motor agar bisa cepat dan mudah disetujui oleh pihak leasing dan dealer. Tentu dengan adanya informasi ini Anda yang akan merencanakan mengajukan pembelian motor secara kredit ini harus segera mempersipakan segala sesuatu yang menjadi syarat tersebut. Jangan lupa jalankan 6 tips tadi agar pengajuan kredit motor Anda bisa dikabulkan dan disetujui.

Tags:

Leave a Reply