6 Langkah Jitu Untuk Melunasi Hutang Kamu!

Kertas tagihan adalah mimpi buruk di akhir bulan. Sebuah daftar panjang tentang permintaan pembayaran listrik, air, telepon, hingga internet memanggil kamu untuk dilunasi. Belum lagi cicilan rumah dan kendaraan yang juga menunggu dibereskan. Plus bill kartu kredit.

Semestinya, setiap bulan kamu sudah menyediakan dana untuk membayar tagihan bulanan. Begitu juga dengan dana untuk mencicil rumah dan kendaraan. Sebab bank sudah menghitung kemampuan kamu membayar angsuran, agar besarnya tak lebih 30% penghasilan. Sehingga kamu tidak keteteran dalam melunasi tagihan. Berikut langkah-langkah jitu untuk melunasi hutang kamu, check this out!

 

  1. Buatlah Daftar Hutang

Mulailah mendata semua utang yang masih menjadi beban. Mungkin kamu punya beberapa kartu kredit, juga utang usaha. Ketika mendata, jangan sampai ada yang terlupa! Sebab bunga utang terus berjalan. Urutkan besaran utang berdasarkan nilai tertinggi hingga terendah. Kemudian cantumkan nilai suku bunga pada setiap utang. Sehingga kamu bisa memetakan utang-utang itu!

 

  1. Tentukan Prioritas Pembayaran

Lunasi utang dengan nilai paling kecil sehingga tidak menjadi beban lanjutan. Lalu kamu bisa segera menghapusnya dari daftar . Sementara untuk utang yang lebih besar, selesaikan dengan membayar tagihan minimum!

Baca juga: 4 Tips Memilih Fotografer Untuk Pernikahan Kamu!

 

  1. Berhenti Belanja yang Tidak Perlu

Sementara kamu sedang dalam masa pemulihan keuangan, kamu harus lebih berhemat. Kurangi nongkrong di restoran, dan bawa bekal sendiri untuk makan siang. Berhenti dulu minum kopi di kedai langganan, lalu bawa minuman dari rumah. Setiap rupiah yang kamu simpan, dengan menurunkan standar gaya hidup menjadi lebih sederhana, bisa dialihkan untuk membayar utang agar lebih cepat lunas!

 

  1. Cari Tambahan Penghasilan

Jika gaji kamu tak cukup menyelesaikan utang dengan cepat, cari cara untuk mendapat uang tambahan. Kamu bisa mengambil beberapa pekerjaan paruh waktu yang tidak mengganggu aktifitas keseharian. Uang dari kerja sampingan bisa kamu alokasikan untuk membayar utang!

Baca juga: 4 Cara Bagaimana Kamu Bisa Tetap Liburan Saat Dollar Naik!

 

  1. Pakai Kartu Kredit

Untuk membayar tagihan bulanan, seperti listrik, air, dan telepon, kamu bisa menggunakan kartu kredit. Selain mempermudah proses pembayaran karena tidak harus langsung antre di depan loket, dengan kartu kredit, kamu bisa membayar tagihan tepat waktu dan terhindar dari denda!

 

Kalau kamu masih membutuhkan suntikan modal untuk mengembangkan bisnis, manfaatkan layanan KTA dari berbagai bank penyedia. Bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney sekarang, klik di sini!

 

Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!