5 Fakta Menarik Tentang HSBC

Berbagai kemudahan diberikan oleh pemerintah bagi perusahaan asing untuk melakukan usaha di Indonesia. Hal ini tentu saja menjadi peluang emas bagi banyak perusahaan asing, tak terkecuali mereka yang bergerak di bidang perbankan. Jumlah penduduk Indonesia yang padat dan perekonomian yang sedang berkembang, seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak bank asing untuk melakukan ekspansi ke Indonesia dengan tujuan akan mendapatkan banyak nasabah produktif.

Ada banyak bank asing yang telah sejak lama malang melintang di dunia perbankan nasional. Persaingan yang ketat dan banyaknya kompetitor (terutama bank lokal) telah membuat bank-bank tersebut dituntut untuk memberikan layanan perbankan yang prima dan mampu bersaing dengan pelayanan yang diberikan oleh bank nasional.

 

kartu kredit hsbc

Image via terserahsaya.com

 

Salah satu bank yang telah sejak lama merambah bisnis di dunia perbankan nasional adalah   The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited (HSBC) yang merupakan salah satu bank asing terbesar di Indonesia. Untuk lebih mengenalnya, berikut adalah 5 fakta mengenai HSBC:

  1. Salah satu bank tertua di Indonesia.

Anda pasti tidak akan pernah mengira bahwa bank yang paling tua di Indonesia adalah sebuah bank asing, yakni HSBC. Usia bank ini bahkan melampaui BRI yang merupakan bank milik pemerintah.

HSBC telah masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1884, dengan menjadikan Batavia atau sekarang dikenal dengan Jakarta sebagai lokasi cabang pertama, dengan begitu HSBC telah berumur 131 tahun saat ini.

Perkembangan HSBC tidak hanya sampai di situ saja, pada tahun 1896 HSBC melakukan pengembangan usaha dengan membuka cabang di Surabaya dan dilanjutkan dengan pengembangan agensi di Semarang pada tahun 1896, yang kemudian dikembangkan menjadi kantor cabang pada tahun 1994.

Perkembangan ini tentu saja patut diapresiasi, mengingat hingga saat ini HSBC masih mantap pada posisinya sebagai salah satu bank asing terbesar di Indonesia.

  1. Menyediakan beragam jasa finansial.

Sebagai salah satu bank asing terbesar, HSBC menyediakan berbagai macam layanan finansial dan perbankan bagi kebutuhan nasabah perorangan, perusahaan, komersial, institusi serta treasury and capital markets yang bisa didapatkan melalui 47 kantor cabangnya yang tersebar di enam kota besar di Indonesai, antara lain: Jakarta, Bandung, Surabaya, Batam, Medan dan Semarang.

  1. Berintegrasi dengan Bank Ekonomi Raharja.

Setelah melakukan akuisisi terhadap Bank Ekonomi Raharja, HSBC Asia Pasific Holdings (UK) Limited pada 2009 dengan kepemilikan saham mayoritas, saat ini sedang melakukan proses penggabungan kedua bank tersebut (integrasi) yang akan selesai pada tahun 2017.

  1. Membantu berbagai macam sektor industri.

Ada berbagai macam layanan yang dapat anda pilih dan gunakan dengan menjadi nasabah HSBC, beberapa di antaranya adalah:

–         Commercial Banking.

Layanan ini khusus diperuntukkan bagi anda yang bergerak di sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM). HSBC akan memberikan layanan fasilitas keuangan yang mencakup layanan konsultasi, manajemen kas dan pengelolaan sistem perdagangan internasional.

–         Global and Market Banking.

Dalam layanan ini HSBC memberikan fasilitas layanaan terpadu dengan menyediakan produk serta layanaan perbankan yang dapat anda gunakan dengan memaksimalkan seluruh jaringan distribusi dan konektivitas yang dimilikinya.

–         Retail Banking and Wealth Management.

Berbagai macam produk dan layanan retail dapat anda nikmati melalui layanan HSBC ini, seperti: kartu kredit HSBC, kredit rumah, deposito berjangka dan produk wealth management juga tersedia.

Anda juga dapat melengkapi investasi anda dengan layanan dari PT HSBC Securities Indonesia yang merupakan perusahaan sekuritas milik HSBC yang kepemilikan sahamnyaa mencapai 85%.

  1. Kartu kredit HSBC yang prestise.

Tak dapat dipungkiri bahwa produk paling populer dan menjadi unggulan dari HSBC adalah kartu kreditnya yang telah digunakan di berbagai belahan dunia. Dalam bidang ini HSBC telah memiliki segudang pengalaman yang dapat membawa mereka sebagai bank penerbit kartu kredit yang disegani di seluruh dunia.

Berbagai fitur menarik dan sayang untuk dilewatkan tersemat di dalam kartu kredit HSBC, yang tentu saja akan memberi nilai lebih dan prestise yang tinggi bagi anda yang menggunakannya. Jika anda belum punya Kartu Kredit HSBC, Anda bisa apply disini