5 Cara Menghemat Uang Bagi Pekerja Perantauan

 

Untuk kamu yang sudah memasuki dunia kerja, terkadang harus siap memenuhi tuntutan pekerjaan untuk merantau ke daerah lain yang terbilang jauh dari tempat tinggal. Misalnya, kamu dari Bandung namun harus bekerja di Jakarta. Mending kalau hanya berbeda kota, kamu mungkin harus menetap di pulau lain atau bahkan negeri seberang.

Bekerja merantau memiliki sisi positif maupun negatif. Positifnya, kamu jadi belajar lebih mandiri dan membuka wawasan karena tinggal di tempat yang berbeda jauh dengan tinggal kamu sekarang. Negatifnya, kamu tentu akan jarang berhubungan dengan keluarga, pasangan, atau teman-teman nongkrong. Yang lebih parah, pengeluaran kamu bisa jadi jauh lebih besar daripada pengeluaran hidup di kota asal kamu.

Nah, simak 5 cara cerdas agar kamu yang pekerja perantau tidak menjadi lebih boros dan bisa tetap hemat:

 

  1. Survey dulu calon daerah tempat tinggal

Kamu bisa bertanya-tanya kepada teman atau sanak saudara yang pernah atau memang tinggal di daerah tempat kamu merantau untuk tempat tinggal yang lebih murah. Faktor yang perlu kamu lihat selain biaya tempat tinggal, tentunya juga kemudahan transportasi dan akses ke tempat belanja kebutuhan sehari-hari seperti makanan atau perawatan tubuh.

Kalau bisa, lebih baik memilih tempat tinggal yang dekat dengan minimarket, tempat makan, dan akses transportasi. Pertimbangkan faktor keamanan juga ya.

 

  1. Siapkan rekening tabungan sendiri

Kalau kamu belum memiliki rekening tabungan sendiri, inilah saat untuk membukanya. Belajarlah untuk menyisihkan penghasilan kamu untuk dipindahkan ke rekening tabungan sejak awal kamu menerima gaji. Idealnya, kamu setidaknya menyisihkan 10% dari gaji kamu untuk dimasukkan ke rekening tabungan.

Kamu bisa juga memanfaatkan fasilitas auto-debet dari bank tempat kamu membuka rekening agar gaji kamu secara otomatis dipindahkan ke rekening tabungan. Dengan begini, kamu akan ‘dipaksa’ untuk menabung sehingga tabungan kamu dapat terus terisi.

Baca juga: Yuk, Buka Usaha Restoran dengan Modal Minim!

 

  1. Persiapkan anggaran untuk hidup sehari-hari

Kalau sudah melakukan suvey dan punya rekening tabungan sendiri, saatnya kamu membuat anggaran pengeluaran setiap bulan. Pembuatan anggaran ini dapat digunakan untuk mengontrol jumlah pengeluaran kamu setiap akhir bulan. Selain itu, kamu juga bisa mencari-cari celah dari pengeluaran tertentu agar bisa lebih dihemat.

Baca juga: Cek Diskon Terbaik Minggu Ini Untuk Lebih Hemat!

 

  1. Pakai skala prioritas

Tetapkan skala prioritas pada anggaran pengeluaran kamu. Pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti tempat tinggal dan kebutuhan makan tentunya memiliki prioritas yang tinggi dan harus terjadi agar kamu dapat bertahan hidup.  Penetapan skala priortas juga membantu kamu untuk mengurangi atau menghapus pengeluaran yang tidak begitu kamu perlukan.

 

  1. Selalu up-to-date dengan harga tiket transportasi

Biaya transportasi pulang pergi merupakan salah satu komponen biaya terbesar bagi para pekerja perantau. Jangan lupa untuk selalu cek dan up-to-date dengan harga tiket travel. Tergantung sejauh apa kamu merantau, kamu bisa juga melihat-lihat alternatif transportasi pulang pergi antara tempat kamu tinggal dan tempat kamu merantau.

Jangan lupa juga untuk mengecek promo tiket travel dan pesawat agar kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari biasanya. Manfaatkan promo harga murah atau diskon yang bisa kamu peroleh dengan kartu kredit tertentu.

Jika kamu mencari kartu kredit yang pas sesuai dengan keperluan kamu, cobalah manfaatkan situs perbandingan produk keuangan popular seperti HaloMoney. Silakan klik di sini untuk mencobanya.

Tags:

Leave a Reply