Update Kesiapan Infrastruktur Mudik Tahun 2015

Kesiapan Infrastruktur Mudik 2015

Pemerintah pusat tengah mempersiapkan pekerjaan infrastruktur jalan untuk dilalui pemudik saat Lebaran nanti. Sebagaimana dikutip dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan, pemerintah telah menyediakan prasarana yang lebih baik untuk untuk kesiapan mudik 2015. Mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi yang merupakan kawasan mudik.

Untuk memastikan kondisi tersebut Menteri Basuki, telah menugaskan pada pejabat Eselon I dan II di Kementerian PUPR untuk melakukan inspeksi di jalur mudik, baik di Pekanbaru, Palembang maupun Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur maupun dari Banjarmasin Balikpapan, Makasar, Maros dan Pare-pare.

Khusus pulau Sumatera dilaporkan bahwa terdapat beberapa titik yang harus dipersiapkan walaupun belum sempurna, terutama di Lampung di kawasan Suji, dimana terdapat satu jembatan yang ditabrak oleh truk.

 

Di batas Jambi Sumatera Selatan ada beberapa ruas yang masih rusak dan juga Kalimantan antara Banjarmasin dan Balikpapan ada kurang lebih 20 km yang kondisinya rusak ringan akan terus kita upayakan untuk diperbaiki – Basuki Hadimuljono.

 

Menteri Basuki juga berpesan, untuk kenyamanan mudik lebaran nanti, tidak hanya infrastruktur jalan sudah baik. Menurutnya terdapat 3 hal lain yang harus dipersiapkan yaitu prasarana dan sarana, rekayasa lalu lintas dan prilaku pengguna jalan itu sendiri.

 

Istilahnya baik itu prilaku pengendaranya maupun kendaraanya Untuk prasarananya tentunya dari kami dalam hal ini Kementerian PUPR berkewajiban untuk mempersiapkan – Basuki Hadimuljono.

 

Jalur Mudik Jakarta – Lampung Siap Dilalui

Masih seputar kesiapan infrastruktur mudik lebaran 2015, Kementerian PU-PERA mengklaim jalur mudik Jakarta – Lampung sudah siap dilalui para pemudik. Baik Lintas Timur dan Lintas Tengah serta Lintas Barat telah dilakukan perbaikan jalan.

Sebagaimana dikutip dari laman Kementerian PU-PERA, kondisi jalan Lintas Tengah di Propinsi Lampung secara umum dalam kondisi mantap dan fungsional.

Namun, untuk ruas Lintas Timur dari Palembang menuju Pelabuhan Bakauheni (Simpang Bujuk Tenuk – Bts. Kab. Lamteng/Tulang Bawang – Bts. Lamtim terdapat kerusakan jalan akibat terputusnya Jembatan Way Lempuyang (Januari lalu). Saat ini pekerjaan penanganan kerusakan jalan masih berlangsung dan H-7 dipastikan rampung.

Adapun pekerjaan yang tersisa akan dilanjutkan usai Lebaran dan diprediksikan dalam 3 bulan mendatang akan selesai seluruhnya. Sebagai informasi pada tahun ini, Propinsi Lampung memperoleh alokasi dana sebesar Rp 976,7 miliar.

Demikian, semoga bermanfaat. 🙂

Untuk update informasi terkait kesiapan infrastruktur mudik lebaran akan dalam artikel terpisah. Terakhir, tahukah Anda pada tahun ini dialokasikan Anggaran Infrastruktur Nasional sebesar Rp290,3 T? Sudahkah kita merasakan manfaatnya?

Tags:

Leave a Reply