Info Beasiswa S1 dan S2 Khusus PNS

APBN News – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Selaku Executing Agency (EA)  menawarkan beasiswa STAR Project bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menempuh pendidikan S1 dan S2 . Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengajukan langsung ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing kabupaten / kota.

Bantuan pembiayaan beasiswa tersebut diberikan oleh Asian Development Bank (ADB) kepada pemerintah untuk melakukan reformasi terhadap sistem audit sektor publik (pemerintahan). Bantuan dari ADB tersebut kemudian ditetapkan dalam wujud projek State Accountability Revitalization atau yang cukup dikenal dengan program STAR.

STAR merupakan kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Republik Indonesia dalam mendukung reformasi di bidang manajemen keuangan dan audit sektor publik, yang pendanaannya berasal dari pinjaman Asian Development Bank (ADB).

STAR mengemban tugas yang sangat berat, khususnya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas fungsi pengelolaan keuangan dan pengawasan sektor publik, melalui penguatan lembaga atau institusi pemerintah yang bertugas menjalankan pengelolaan keuangan dan pengawasan sektor publik.

BPKP melalui koordinasi dengan ADB menyempurnakan penyelenggaraan program studi baru yang khusus berbasis pada disiplin ilmu Akuntansi dan pengawasan Pemerintahan di sektor publik. Sebagai informasi sesuai dengan Surat Edaran Menteri PAN dan RB No. 4 Tahun 2013 Tentang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Belajar Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka penyelenggaraan program beasiswa STAR untuk pendidikan program ekstensi (D-IV/S1) dan S2 menggunakan pendekatan pola Tugas Belajar.

Penerima program beasiswa adalah :

  • Staf pengelola keuangan (mis. perencana anggaran, pengelola keuangan instansi, pengelola barang, penyusun laporan keuangan, bendahara, dan pembantu bendahara) dan internal auditor pemerintah daerah dan Kementerian/Lembaga (K/L)
  • Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan program Kekhususan S1 dan S2 Akuntansi Pemerintahan/Pengawasan Keuangan Negara.

Baca Juga: Panduan Program STAR Beasiswa Khusus PNS

 

Sumber: Star BPKP

 

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply