Menjadi Freelancer, Kejar Rupiah Tanpa Kerja Kantoran

Profesi Freelancer

Bagi sebagian orang bekerja di kantoran, karyawan swasta perusahaan besar dan mungkin pegawai negeri sipil merupakan salah satu tujuan hidup ideal yang ingin dicapai.

Kini, seiring dengan berkembangnya teknologi, untuk mendapatkan penghasilan tinggi atau gaji yang besar, tidak harus bekerja sebagai karyawan perusahaan tetap. Dengan menjadi freelancer, kita juga memiliki kesempatan untuk mendulang rupiah, bahkan bisa jadi lebih banyak daripada karyawan kantoran.

 

Freelancer adalah orang yang bekerja sendiri yang menggunakan ketrampilan atau keahliannya bekerja untuk suatu orang/perusahaan atau pengguna jasa dalam mengerjakan tugas tertentu.

 

Pekerjaan freelancer tidak terikat oleh waktu atau rutinitas kantor dan dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja. Semisal seorang ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian sebagai translator bahasa asing.

Ia dapat mengerjakan tugasnya dengan tetap mengurus rumah dan anak. Ia dapat mengatur kapan waktunya bekerja tanpa menggangu aktivitas atau kewajiban lainnya. Secara sederhana, freelancer berhak mengatur waktunya sendiri. 🙂

 

Keuntungan Bekerja Freelance

Pertama, seperti contoh diatas, freelancer memiliki waktu kerja yang fleksibel, dapat bekerja sesuai dengan ritme dalam hidupnya. Selain itu terbebas dari rutinitas kerja, yang bekerja dari pagi sampai dengan malam hari. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan bekerja sebagai karyawan pasti sangat mendambakan profesi ini.

Kedua, dimungkinkan bagi freelancer untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Freelancer dapat menerima order dari berbagai pihak dalam rentan waktu yang sama. Semisal fotografer freelance, secara serentak ia dapat menawarkan jasanya kepada media, perusahaan iklan atau mungkin pengusaha toko online yang membutuhkan kemampuan fotografi produk. Selain itu ia dapat menjual hasil karyanya di internet melalui website yang telah dikembangkannya.

Ketiga, penghasilan freelancer bisa jadi lebih besar dari penghasilan tetap seorang karyawan. Karena order bisa jadi tidak hanya dari satu pihak, potensi untuk mendapatkan penghasilan besar bisa diperoleh profesi freelancer. Semakin kreatif, semakin ahli dan semakin luas jaringan yang telah dimiliki akan mendongkrak penghasilan seorang freelancer.

Keempat, pada umumnya freelancer bekerja berdasarkan hobi atau kegemaran yang dimilikinya, gimana tidak enak, apabila Anda mengerjakan hal yang Anda sukai, dan dari situ Anda mendulang rupiah yang banyak! 🙂

 

Kelemahan Bekerja Freelance

Pertama, freelancer belum tentu mendapatkan pekerjaan rutin dan datang silih berganti tiap bulannya. Apalagi apabila Anda hanya menggantungkan diri ke satu perusahaan atau pemberi kerja saja. Seperti orang dagang, profesi freelancer mendapatkan penghasilan yang tidak menentu. Pendapatan freelancer bergantung dengan seberapa sukses dia dapat menjual dan memasarkan keahliannya.

Kedua, freelancer menentukan sendiri manajemen keuangan-nya tanpa memiliki fasilitas penunjang. Yang dimaksud disini adalah, berbeda dengan karyawan perusahaan, seorang freelancer tidak mendapatkan fasilitas asuransi, tunjangan hari raya dan uang pensiun. Umumnya, pemberi kerja atau perusahaan tidak memiliki tanggung jawab apabila terjadi musibah terhadap freelancer selama kontrak kerjasama.

Ketiga, sering direpotkan oleh urusan administrasi. Dalam hal kontrak kerjasama tentu dibutuhkan perjanjian yang jelas antara hak dan kewajiban kedua pihak. Mulai dari kontrak, dokumen legal, pembukuan keuangan dan lain sebagainya. Bukan opsi yang baik apabila menyewa jasa seorang profesional untuk hal ini, karena akan mengeluarkan biaya yang besar.

Keempat, dibalik kebebasan waktu yang didapat, terkadang jam kerja freelancer dapat melebihi jam kerja seorang karyawan perusahaan pada satu hari. Apabila tidak dapat mengelola waktu dengan baik, freelancer berisiko tidak dapat memenuhi tuntutan dari ikatan kerjasama dengan pemberi kerja, dan seringkali bekerja overtime yang menjadi solusinya. Pada akhirnya freelancer harus pandai membagi waktunya.

 

Siapkah Anda menjadi Freelancer?

Dibalik potensi keuntungan yang akan didapat, tentunya untuk menjadi freelancer yang sukses tidaklah mudah. Jangan harap dengan santai Anda akan mendapatkan penghasilan yang besar atau bahkan tidak menghasilkan sama sekali.

Untuk mendapatkan hasil, memang dibutuhkan pengorbanan, baik itu waktu, tenaga dan pikiran. Hal ini bisa saja terjadi walaupun Anda adalah seorang freelancer yang sudah memiliki kredibilitas dan jaringan. Bekerja keras adalah kuncinya!

Siapkah Anda mendulang Jutaan Rupiah sebagai Freelancer?

Tags:

Leave a Reply