5 Strategi Jitu Memulai Usaha Dengan Modal Hutang

Menjadi pengusaha sukses dan berhasil secara financial merupakan mimpi sebagian besar masyarakat kita. Kita sering menjumpai ada orang yang berpuas diri bekerja dengan orang lain sepanjang hidupnya. Namun, kita juga menemukan ada orang yang berambisi tinggi untuk memiliki sebuah bisnis. Tak jarang juga ada yang bekerja dengan orang sambil memulai usaha sendiri.

 

Memulai usaha dengan memakai modal orang dengan jalan hutang memang akan mendatangkan resiko ganda ketika mengalami kegagalan. Sudah rugi usaha juga harus mengembalikan modal. Oleh sebab itu, haruslah berhati-hati dan punya strategi bisnis ketika memakai modal hutang. Check this out!

 

Pilih bunga paling kecil

Bandingkanlah besar bunga dari masing-masing penyedia dana untuk bisnis kamu. Kemudian pilihlah pihak yang memberikan bunga ringan. Ini merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan. Jika bunga terlalu besar, kamu yang baru membuka usaha akan terbebani. Jangankan mengembalikan modal, mungkin keuntungan yang didapat juga belum bisa menutup bunga.

 

Waktu yang cukup untuk pengembalian

Coba diprediksikan berapa lama waktu yang paling bagus untuk kamu sampai usaha kamu berjalan stabil. Modal perorangan kadang hanya bisa dipakai dalam waktu yang sangat singkat. Belum maksimal diputarkan sudah diambil.

Baca juga: 7 Cara Menabung Untuk Pernikahan Dengan Gaji 3 Jutaan!

 

Tidak angsur perbulan

Berhubung usaha kamu masih baru, sebaiknya tidak mengambil modal dengan angsuran perbulan. Jika kamu membayar modal perbulan berarti modal tidak utuh kamu putarkan. Semakin lama, modal yang kamu pinjam semakin berkurang dan ini mungkin belum bersahabat dengan bisnis kamu. Kecuali usaha kamu sudah berjalan dengan baik, memang harus segera mengembalikan modal hutang.

 

Catat pengeluaran sekecil apapun

Baik memakai modal sendiri maupun modal hutang, mencatat setiap pengeluaran adalah sebuah keharusan. Apalagi modal hutang, jika tidak dicatat secara rinci bisa-bisa tidak jelas kemana alokasi dananya. Ketika pengeluaran dicatat, otomatis pengeluaran modal bisa dikendalikan.

Baca juga: 6 Cara Tampil Mewah di Jakarta Fashion Week 2016 Dengan Modal 200 Ribu Saja!

 

Partner bisnis yang professional

Pilihlah partner bisnis yang terpercaya dan professional. Tak sedikit orang yang bermodal hutang dan usahanya mendapat peluang yang bagus tetapi kandas karena kurang teliti dalam memilih rekan kerjasama. Itulah sebabnya, tidak bisa asal-asalan dalam menjalin kerjasama dengan seseorang.

 

Kalau  kamu masih membutuhkan modal berbisnis, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney sekarang!

 

Tags:

Leave a Reply