Cara Bermain Saham Online Khusus Bagi Pemula

Saham dan Cara Bermain Saham Online Bagi Anda yang Masih Pemula

Saat ini beberapa orang sudah tidak ragu lagi untuk memulai bisnis, hal ini karena peluang untuk memulai bisnis saat ini sangat mudah untuk didapatkan. Baik itu memulai bisnis secara individu, join venture dengan relasi, atau bahkan dengan cara membeli saham saja, semua jenis investasi tersebut tentu saja memiliki resiko, namun tetap saja dibalik risiko tetap ada peluang memberikan keuntungan. Apabila Anda memilih untuk memulai bisnis dengan cara membeli saham, tentu sebelumnya telah mempelajari investasi saham, serta bagaimana bisa seseorang dapat membeli saham dari suatu perusahaan perseroan terbatas.

 

Saham ini bisa diartikan sebagai sebuah investasi, dimana dibuktikan dengan surat berharga yang isinya terkait tanda kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Surat tersebut dikeluarkan oleh perusahaan tempat Anda berinvestasi. Di dalam saham menyatakan bahwa pembeli saham juga merupakan pemilik dari sebagian perusahaan. Dengan begitu membeli saham tetap ada tanda buktinya secara tertulis. Sebelum membeli saham, ada baiknya Anda mempertimbangkan secara matang terlebih dahulu, karena saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki modal dan risiko besar diantara jenis investasi yang lain. Artinya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat atau bahkan sangat rugi, ini tergantung pada nilai harga saham dan kemampuan Anda di lantai bursa saham.

 

Melakukan bisnis dengan cara investasi dalam bentuk membeli saham ini merupakan sebuah alternatif untuk Anda yang ingin menyimpan uang. Dengan membeli saham tidak hanya uang anda dapat tersimpan dengan baik, lebih dari itu uang yang digunakan untuk investasi juga bisa mencari laba. Tentunya laba yang ditawarkan dari saham ini bisa jauh lebih besar jika dibandingkan dengan menyimpan uang di bank. Jadi bisa dikatakan bahwa membeli saham jauh lebih menguntungkan dibanding menyimpan uang di bank (menabung). Besar atau tidaknya laba yang didapatkan dari uang investasi ini tergantung pada perkembangan perusahaan.

 

Jika dulu membeli saham harus melalui pialang atau broker, saat ini teknologi memberikan kemudahan bagi masyarakat. Membeli saham bisa dilakukan secara online dan mudah. Jika anda masih seorang pemula dalam memulai bisnis ini, berikut akan dijelaskan tentang cara bermain saham online. Sebelum mulai membeli saham menggunakan internet, pertama-tama Anda harus sudah mendaftarkan diri pada akun yang dimiliki oleh suatu perusahaan sekuritas atau broker. Sebelum melakukan trading saham secara online, pastikan Anda sudah memiliki saldo pada akun perusahaan sekuritas tersebut. Jangan lupa untuk melengkapi data diri, dan penuhi semua persyaratannya. Jika sudah hingga tahap pemenuhan syarat, Anda sudah bisa mulai membeli atau menjual saham secara online.

 

Adapun cara bermain saham online yaitu sebagai berikut:
1. Gunakan laptop, notebook, atau gadget Anda dan pastikan bahwa perangkat canggih Anda ini sudah terhubung dengan koneksi internet;
2. Selanjutnya masuklah ke alamat web perusahaan sekuritas tersebut. Masih bingung menentukan platform online trading dari perusahaan sekuritas? bisa baca review kami disini.
3. Selanjutnya didalam website ini, anda sudah bisa mulai untuk membeli saham dengan cara klik order “buy” dan untuk menjual saham caranya dengan klik order “sell”.
4. Manfaatkan fasilitas dari platform online trading dari perusahaan sekuritas tersebut dalam setiap transaksi saham. Pada umumnya disediakan fasilitas seperti berita ekonomi/pasar saham, analisa fundamental, forum, dan lain-lain yang seharusnya memberikan kemudahan kepada Anda.

Perlu diketahui bahwa jumlah minimal investasi dalam melakukan trading saham ini tergantung pada aturan perusahaan sekuritas tersebut. Silahkan mulai saat ini Anda bisa belajar terkait saham, agar bisa memulai bisnis tersebut. Meskipun resiko yang dimungkinkan lebih besar, namun jika anda paham dan pandai dalam bermain saham, keuntungan laba yang didapat pasti akan jauh lebih besar dari sekedar bunga bank.

Namun, beberapa perencana keuangan juga menyarankan agar alokasi dana yang Anda gunakan untuk invstasi saham sudah bersih. Artinya dana tersebut sudah merupakan dana diluar kebutuhan Anda sehari-hari, peruntukkan dana yang memang Anda alokasikan untuk bisnis/investasi, sehingga apabila risiko terjadi, tidak mengancam keuangan Anda secara menyeluruh.

Untuk lebih mudah dalam memahami investasi saham, baca juga artikel terkait lainnya dari kami. Demikian, semoga bermanfaat. 🙂