Mengenal Jenis dan Bentuk Asuransi

Pada artikel sebelumnya telah dibahas informasi pentingnya memiliki asuransi, informasi mengenai perusahaan asuransi, jenis asuransi dan bentuk klaim-nya tentunya dapat Anda temui di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Dari beragam jenis bentuk asuransi, secara garis besar terdapat dua kategori yang menjadi fokus atas apa yang dijamin dan dilindungi. Kedua hal tersebut adalah..

 

1. Klaim

Polis asuransi ini mewajibkan klien untuk mengajukan klien asuransinya selama masa berlaku polis. Artinya, jaminan perlindungan atau manfaat proteksi yang telah disepakati di awal, harus segera diajukan sesuai dengan ketentuan jangka waktu klaim, terhitung sejak hari pertama mengalami kejadian.

 

2. Kejadian

Polis asuransi kejadian memberikan jaminan perlindungan selama kejadian berlangsung. Jaminan tersebut akan secara otomatis diperpanjang apabila tidak ada pengajuan klaim sepanjang waktu kejadian atau masa berlaku polis telah habis.

 

 

Untuk lebih memahami, simak jenis dan bentuk asuransi sebagai berikut:

Asuransi Umum

Polis asuransi umum bertujuan untuk meng-klaim segala bentuk kehilangan atau kerusakan baik fisik maupun non-fisik. Umumnya jenis asuransi ini akan menanggung beban risiko yang diakibatkan oleh faktor risiko, sebagai contoh: bencana alam, kebakaran, kecelakaan, dan sebagainya.

 

Asuransi Professional

Asuransi ini khusus ditujukan bagi para professonal utnuk melindungi klien dan hasil kerjanya. Misalkan Anda seorang arsitek, polis asuransi ini akan menjamin dan memberikan perlindungan kepada Anda dan kreasi desain arsitektur yang Anda buat, apabila terjadi kekeliruan atau kehilangan yang menjadi hasil karya Anda.

Bahkan beberapa perusahaan asuransi mampu memberikan jaminan sesuai dengan nilai proyek desain yang Anda tawarkan kepada klien. Artinya Anda sebagai arsitek dapat memprediksi berapa besar risiko dan akibat yang mungkin ditimbulkan pada saat progres pekerjaan hingga penyelesaian desain tersebut.

 

Asuransi Kendaraan

Hampir sebagian besar memiliki polis asuransi jenis ini, walaupun beberapa individu pun telah memahami manfaat asuransi ini juga. Bagi perusahaan kendaraan merupakan sarana transportasi yang digunakan dalam operasional pekerjaan. Sehingga dibutuhkan proteksi terhadap risiko seperti kecelakaan, kerusakan, pencurian, dan sebagainya.

 

Asuransi Bencana dan Kehilangan

Aset penunjang perusahaan, semisal kantor, furnitur, peralatan komputer dan sebagainya perlu mendapatkan perlindungan yang memadai. Umumnya polis asuransi ini menjamin klien dan aset yang dijaminkan dari akibat bencana dan kehilangan, seperti pencurian, kebakaran, bencana alam dan lain-lain.

 

Asuransi Jiwa

Secara umium asuransi jiwa memberikan jaminan terhadap segala faktor risiko yang berhubungan dengan nyawa. Ini penting mengingat akibat dari faktor risiko yang dapat menyebabkan cacat atau kehilangan nyawa, sehingga menjadikan Anda tidak dapat menjalankan aktivitas normal untuk sementara waktu, atau bahkan selamanya.

 

Asuransi Usaha dan Bisnis

Polis asuransi ini menawarkan jaminan perlindungan yang berhubungan dengan praktek bisnis yang Anda lakukan. Misalkan anda memiliki suatu usaha, Anda pelu menjamin segala bentuk aktivitas usaha dari risiko yang berhubungan dengan modal dan investasi. Selain itu kegagalan pengelolaan modal bisnis dan investasi yang Anda peroleh dari hasil kredit atau pinjaman bank dapat diminimalkan melalui asuransi jenis ini.

 

Asuransi Kesehatan

Tentunya siapa yang bisa menjamin kondisi kesehatan Anda akan selalu terjaga. Ada suatu waktu Anda membutuhkan layanan kesehatan, dan layanan kesehatan terbaik membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu Anda tidak ingin membebankan biaya tersebut kepada tabungan atau pos keuangan atau bahkan modal/investasiĀ  usaha Anda. Jaminan biaya perawatan kesehatan atau layanan medis bisa Anda peroleh dengan menggunakan asuransi kesehatan, dengan ini pengelolaan keuangan Anda atau usaha Anda dapat terjaga.

 

Asuransi Karyawan

Bagi Anda yang memiliki usaha, tentunya tidak hanya memikirkan bagaimana menjalankan dan membesarkan perusahaan. Karyawan sebagai salah satu aset perusahaan yang harus Anda pedulikan juga. Polis asuransi perusahaan bisa juga menjadi alternatif dalam memberikan reward bagi karyawan, sekaligus memberikan jaminan terhadap loyalitas yang telah diberikan

 


Asuransi bertujuan untuk memberikan jaminan serta perlindungan terhadap diri Anda, keluarga, aset Anda dan bahkan usaha atau bisnis yang Anda jalankan. Pada dasarnya, semua perusahaan memeberikan jaminan dan perlindungan terhadap semua aset yang Anda daftarkan kepada asuransi, sebagai informasi simak beberapa tips berikut dalam memilih produk asuransi.

1. Pilih jenis asuransi yang memang relevan dengan usaha atau bisnis Anda. Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya terkait layanan serta jaminan yang bisa didapatkan dari beragam perusahaan, pelajari dan pilih yang terbaik dan sesuai dengan finansial Anda.

2. Tanyakan lebih lanjut tentang apa saja yang tidak diasuransikan oleh polis asuransi tersebut.

3. Tidak jarang, polis asuransi menjadmin klien dari faktor resiko seperti cacat seumur hidup atau kematian, yang mengakibatkan pemegang polis tidak dapat melanjutkan kewajibannya.

4. Pastikan Anda memperoleh informasi lengkap tentang prosedur klaim asuransi yang ditawarkan. Mulai dari jangka waktu pengajuan klaim, hingga batas regional berlakunya asuransi tersebut.

5. Pembayaran premi asuransi sebaiknya bersifat fleksibel, sehingga memungkinkan Anda untuk mengubah atau mengatur besarnya jumlah premi yang ingin dibayarkan.

Pilih Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan finansial Anda. Salah satunya cara mudah memilih asuransi adalah via online services pada website asuransi88.com. Dengan mudah Anda dapat melakukan seleksi dalam pembelian asuransi secara online dan mendapatkan pilihan produk asuransi dari beberapa vendor sekaligus dalam 1 website. Salam Sehat! :D

 

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply