Asuransi Motor Anti Begal

Belakangan ini sering kita lihat pada pemberitaan media mengenai kejahatan jalanan dengan modus begal. Dari sisi asuransi, risiko akan tindakan kriminal tersebut termasuk dalam asuransi pencurian sepeda motor. Biasanya jika Anda mendaftar pada asuransi motor, motor yang dicuri dapat diganti berdasarkan nilai asuransi. Ada pula asuransi yang memberikan fasilitas dengan mengganti motor baru. Bukannya menakuti, ditengah kondisi saat ini, terlebih bagi Anda yang hidup di Jakarta, memiliki motor tapi tanpa asuransi lebih baik tidak punya kendaraan sekalian, karena resiko kehilangannya yang tinggi.

 

Asuransi Kendaraan Bermotor

Saat ini perhitungan premi asuransi semua sudah transparan hingga premi yang dibayarkan. Tarif premi asuransi kendaraan saat ini sudah diatur secara khusus oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga bisa dibilang seluruh perusahaan asuransi sekarang tarifnya sama.

Tarif asuransi kendaraan bermotor sekarang diatur oleh OJK berdasarkan wilayah dan kategori. Wilayah 1 meliputi Sumatera, Wilayah 2 meliputi Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat, Wilayah 3 meliputi wilayah di luar Wilayah 1 dan 2 (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Nusa Tenggara).

Adapun tarif premi kendaraan bermotor komprehensif atau jaminan all risk, yang mana dalam jaminan ini selain menjamin kerugian akibat kehilangan kendaraan (dicuri) juga menjamin kerusakan sebagian (partial risk). Semisal terserempet kendaraan lain atau semacamnya, juga menjamin kerugian total akibat kecelakaan.

Jadi asuransi itu secara umum men-cover salah satunya akibat pencurian kendaraan bermotor, sangat penting apabila masyarakat ikut mengasuransikan motornya.

Mencari Asuransi Kendaraan Bermotor

Tidak sulit memulai asuransi, banyak fasilitas yang digunakan masyarakat untuk dapat memahami pengertian asuransi tersebut.  Salah satunya kunjungi one stop services  pada website asuransi88.com. Dengan mudah Anda dapat melakukan pembelian asuransi secara online dan mendapatkan pilihan produk asuransi dari beberapa vendor sekaligus dalam 1 website.

Input data sepeda motor atau mobil Anda, kemudian lakukan pencarian asuransi dan akan muncul produk pilihan dari beberapa vendor asuransi, pilih dan lakukan apply, isi data singkat dan lengkapi persyaratan dokumen melalui email atau upload seperti :

  • Data Indentitas KTP/SIM
  • Data STNK sepeda motor atau mobil
  • Data Foto motor atau mobil Beserta Foto
  • Nomor rangka/mesin

Setelah itu tunggu proses persetujuan asuransi maksimal 1×24 jam, setelah aplikasi disetujui, langkah selanjutanya adalah Anda membayar premi asuransinya.. Mudah bukan…….Asuransikan segera sebagai antisipasi risiko kendaraan bermotor Anda hilang, seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan. 🙂

 

Tips Mengurus Klaim Korban Begal Motor/Pencurian

1.Buat Laporan Awal Ke Asuransi

Jika mengalami kehilangan motor, hal pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan kejadian kepada pihak asuransi. Sebelum ke polisi, korban bisa menelepon Customer Service perusahaan asuransi yang buka 24 jam sehari dan siap melayani semua keluhan dan laporan.

Dengan telah membuat laporan lebih awal, proses pencairan klaim dapat segera diselesaikan. “Sebaiknya nasabah langsung melaporkan ke perusahaan asuransi sebelum tiga hari,”  karena polis asuransi mewajibkan nasabah melakukan laporan kerugian maksimal 3×24 jam

Selanjutnya, kata dia nasabah bisa langsung mengurus proses klaim tersebut setelah mendapatkan surat kehilangan dari kepolisan. Dalam hal ini biasanya harus dengan surat blokir data-data kendaraan tersebut.

Untuk pengurusan surat blokir ini juga dibutuhkan surat pengantar dari asuransi. Untuk lebih mudah dapat juga mengunakan jasa pihak ketiga kepengurusan blokir untuk klaim asuransi

 

2.Lengkapi Dokumen

Lamanya proses pencairan klaim asuransi sering kali terjadi karena ketidakcocokan identitas pemilik polis atau pun keluarganya. Dokumen harus lengkap, terutama surat kehilangan dari polisi, setelah itu baru bisa mengajukan klaim sesuai dengan polis nasabah.

Selain identitas diri, pemilik polis asuransi juga wajib memberikan identitas lengkap keluarga. Hal ini dilakukan untuk kemudahan seandainya pemilik polis mengalami kecelakaan hingga menyebabkan kematian.

Lengkapi dokumen sebelum ke perusahaan asuransi. Jika nasabah mengalami musibah langsung telepon call center perusahaan asuransi tersebut biasanya 24 jam dan tanyakan persyaratan apa saja yang perlu di lengkapi minta dikirimkan melalui email beserta contohnya. Ini memudahkan kita memahami dokumen yang di butuhkan oleh perusahaan asuransi tersebut.

 

3. Pahami Beda motor/mobil Hilang karena Begal/Pencurian atau karena Penggelapan

Nasabah harus memahami polis atau jenis asuransi yang diikuti. Nasabah harus pahami tidak semua laporan kehilangan mendapat ganti rugi. Pasalnya saat ini banyak laporan ke pihak asuransi yang ternyata modus penggelapan.

Apabila penggelapan atau kerjasama dengan pihak lain maka kami tidak dapat di cover asuransi. Definisi kehilangan dan penggelapan berbeda dalam kasus kehilangan sepeda motor.

Kehilangan disebabkan karena unsur murni pencurian atau pengambil alihan paksa dengan atau tanpa kekerasan oleh orang yang tidak kita kenal.

Penggelapan adalah apabila motor/mobil hilang di bawa kabur teman sendiri atau orang yang kita percaya misalnya pembantu baru di rumah kabur menghilang bersama sepeda motor tersebut ini namanya penggelapan.

 

4. Surat Blokir Kepolisian

Banyak orang beranggapan proses pencairan klaim asuransi bertele-tele dan memakan waktu yang lama proses pencairan klaim sangat mudah dan nasabah cukup memiliki dokumen yang lengkap sebelum mencairkan klaim asuransi. Terpenting, nasabah harus memiliki dahulu surat kehilangan dari kepolisian.

Lengkapi dokumen administratif, seperti surat kehilangan polisi lalu STNK, SIM dan BKPN asli tidak foto kopi lalu kami akan investigasi dan selanjutnya melakukan validasi dan terakhir kami akan menggantikan kendaraan yang hilang

Mau tau berapa premi asuransi kendaraan atau sepeda motor Anda. Klik tombol dibawah untuk simulasikan :

Simulasi Premi Asuransi Kendaraan

Rate this article!
Asuransi Motor Anti Begal,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

Leave a Reply