Mudik Gratis Khusus Bagi Pengguna Motor

Ingin Mudik Gratis di Tahun Ini?

Kabar gembira untuk Anda dan keluarga yang merencanakan mudik lebaran tahun ini menggunakan sepeda motor. Pemerintah via Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan angkutan mudik gratis pengguna sepeda motor dengan angkutan kereta api, kapal laut, dan bus.

Seperti dilansir dari situs web Kementerian Perhubungan, telah disediakan fasilitas angkutan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan kapasitas untuk 3.200 sepeda motor dan 7.360 penumpang, dengan moda transportasi 73 truk dan 164 bus.

Sebagaimana kita ketahui kegiatan tahunan mudik lebaran berpotensi besar menimbulkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berakibat timbulnya korban jiwa, maka dari itu perlu dilakukan pengawasan agar kegiatan ini bisa berjalan dengan tertib.  Program mudik gratis ini merupakan salah satu cara untuk dapat menekan kecelakaan lalu lintas.

Pendaftaran online untuk angkutan mudik gratis sepeda motor dengan angkutan bus dibuka mulai tanggal 1–30 Juni 2015 melalui alamat website http://mudikgratis.dephub.go.id/. sedangkan untuk pendaftaran ulang/offline akan dibuka pada tanggal 15 Juni – 8 Juli 2015.

Pendaftaran langsung/offline untuk angkutan mudik gratis sepeda motor dengan angkutan bus dapat dilakukan di Kantor Kementerian Perhubungan, Kantor Dishub Kota Bekasi, Kantor Dishub Kota Tangerang Selatan, Dishub Kota Tangerang (Terminal Poris Plawad), dan Dishub Kota Depok (Terminal Kota Depok)

Untuk pemberangkatan truk sepeda motor akan dilakukan pelepasan secara ceremonial pada tanggal 13 Juli 2015. Sedangkan untuk pemberangkatan bus penumpang akan dilakukan pelepasan secara ceremonial pada tanggal 14 Juli 2015. Pelaksanaan angkutan balik gratis sepeda motor akan dilakukan dengan memberangkatkan truk sepeda motor pada tanggal 23 Juli 2015 dan pada tanggal 24 Juli 2015 akan dilaksanakan pemberangkatan bus penumpang.

 

Syarat Ikut Mudik Gratis?

Persyaratan Umum:

  1. Pendaftar harus menyerahkan sepeda motor
  2. Memiliki SIM C dan STNK yang masih berlaku
  3. Wajib membawa SIM, STNK dan KTP asli pada saat verifikasi
  4. Sepeda motor tidak boleh ada modifikasi dan aksesoris tambahan
  5. Sepeda motor harus dilengkapi penyangga tengah/standar tengah/standar dua
  6. Sepeda motor harus dilengkapi dengan pegangan belakang.

 

Persyaratan Tambahan:

Moda BUS

  1. Tangki bensin harus kosong dan kering saat akan diangkut. Di tempat tujuan akan disediakan 1 liter bensin untuk setiap sepeda motor
  2. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemilik/pemudik
  3. Kunci sepeda motor diberikan kepada panitia pelaksana
  4. Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan dibawa oleh pemilik saat mudik

 

Moda LAUT

  1. Tangki bensin minimal 1 liter
  2. Kunci sepeda motor diberikan saat hari keberangkatan kepada panitia pelaksana

 

Moda Kereta Api
  1. Tangki bensin harus kosong dan kering saat akan diangkut
  2. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemudik/pemilik

 

Kota Tujuan

Kota tujuan angkutan gratis sepeda motor dengan bus dan truk adalah Tegal, Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri. Sedangkan untuk arus balik, moda darat melayani rute Solo – Jakarta dan Yogyakarta – Jakarta.

Sedangkan untuk angkutan gratis sepeda motor dengan kapal laut adalah Semarang dan Surabaya untuk arus mudik dan balik. Untuk moda kereta api, stasiun yang menjadi tujuan adalah Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Solo Jebres.

Agar diperhatikan, angkutan sepeda motor menggunakan kereta api dipersyaratkan bagi yang memiliki tiket keberangkatan dan kepulangan pada lokasi yang sama pada tiket. Jika Anda belum memiliki tiket dapat membeli di tempat pendaftaran offline di Badan Litbang Kemenhub pada 15 Juni – 8 Juli 2015 selama kuota masih tersedia. Pendaftaran online hanya untuk sepeda motor saja dan wajib menunjukkan tiket.

 

Wah! sangat membantu tentunya bagi Anda yang berencana melakukan mudik lebaran tahun ini menggunakan sepeda motor, selain hemat secara keuangan dan fisik, dengan fasilitas ini memberikan kita keamanan dan suasana baru dalam mudik lebaran.

Untuk lebih lengkapnya mengenai layanan ini kunjungi http://mudikgratis.dephub.go.id/ atau hubungi Call Center Kementerian Perhubungan di 021-151.

 

Selamat menyambut Lebaran! 🙂

Leave a Reply