Cara Membuat Email Khusus PNS

Anda seorang aparatur negara? Pegawai Negeri Sipil? Sudahkah Anda mendengar PNSMail? PNS Mail adalah layanan surat elektronik yang disediakan khusus untuk PNS/ASN. Mau tahu cara membuat email khusus PNS/ASN?

Kenapa PNSMail, Khusus Bagi PNS/ASN?

Sebagai seorang aparatur Negara yang mendapat gaji dan tunjangan, serta jaminan masa tua yang menjanjikan, wajib hukumnya bagi seorang pegawai negeri sipil (PNS) untuk bisa dengan baik menyelesaikan seluruh tugas yang diamanatkan Negara. Baca: Kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil 2015

Di satu sisi luasnya wilayah geografis Indonesia membuat persebaran informasi dan kebijakan dari pusat menjadi tersendat. Jauhnya jalur pendistribusian informasi membuat kebijakan yang tengah digulirkan tidak tersampaikan dengan baik bagi PNS yang berada di daerah. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab kinerja PNS tidak maksimal.

Masih hangat di ingatan kita bagaimana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) merubah aturan tentang kurikulum 2013 dan mengembalikannya kembali ke kurikulum KTSP 2006. Belum usai penyuluhan kepada para guru (baik PNS maupun non-PNS) di daerah akan visi dan misi kurikulum 2013 namun mereka kembali dibuat bingung dengan adanya kebijakan baru tersebut.

Oleh karena itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) untuk membuat suatu sistem yang bertujuan meluruskan “benang kusut” distribusi informasi dan perintah pusat kepada para PNS yang ada di daerah dan mewujudkan suatu birokrasi yang modern, cepat, efekif dan efisien dengan menggunakan layanan PNSMail.

 

Layanan PNSMail, salah satu cara untuk mewujudkan birokrasi modern dan membenahi benang kusut distribusi informasi dari pusat ke daerah.

 

Hal ini diperkuat dengan surat edaran Menteri PAN-RB Nomor 06 Tahun 2013, yang mengharapkan pertanggal 1 januari 2014 seluruh komunikasi persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan menggunakan email PNSMail. Layanan ini adalah layanan yang dibuat khusus dan diperuntukkan untuk para PNS.

Selain karena alasan diatas, Kementrian PAN-RB dan kementrian KOMINFO juga mengkhawatirkan tentang kemungkinan adanya usaha pencurian data serta lunturnya sifat kerahasiaan dari dokumen-dokumen Negara yang didistribusikan menggunakan layanan email milik pihak asing.

Untuk itulah, seluruh instansi pemerintah diminta untuk menggunakan alamat email resmi dari PNSMail. Alamat email dengan domain @pnsmail.go.id ini bisa dibuat di www.pnsmail.go.id .

cara membuat email

 

Cara Membuat Email PNSMail

Cara membuat email PNS di pnsmail.go.id ini cukup mudah,hampir sama dengan cara pembuatan email pada layanan-layanan pembuatan email pada umumnya. Bedanya, untuk membuat email di PNSMail ini anda harus memiliki Nomor induk Kepegawaian (NIP). Selain itu, username diusahakan dibuat dengan menggunakan nama asli anda dengan format namadepan.namabelakang@pnsmail.go.id. Contoh, jika nama anda adalah Tyas Wahyuningsih, maka anda harus mengunakan username tyas.wahyuningsih@pnsmail.go.id.

Adapun langkah-langkah pembuatan email pns di pnsmail adalah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama, anda harus masuk ke alamat www.pnsmail.go.id. Setelah anda masuk kehalaman home dari pnsmail, klik tombol daftar yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, akan uncul formulir pendaftaran pnsmail, diantaranya :
    • Username : usahakan mengisi dengan nama depan dan nama belakang asli anda
    • Password : Isikan dengan password dan pastikan Cuma anda saja yang tahu
    • Ulangi password :
    • Nama lengkap anda :
    • NIP anda :
    • Email aktif anda : Berfungsi sebagai tempat pengiriman link pengaktifan dan pemulihan kembali psnmail
    • No. ponsel anda :
    • Instansi anda :
    • Alamat lengkap instansi anda :
    • Provinsi anda :
    • Kabupaten anda :
    • Pertanyaan pengingat :

Setelah semua data selesai diisi, silahkan klik daftar. Email dari pnsmail tidak langsung bisa anda gunakan, namun Anda harus menunggu proses verifikasi dan pengaktifan yang dilakukan oleh admin pnsmail. Jika proses sudah selesai maka admin akan mengirimkan pesan ke email Anda yang telah anda daftarkan serta link untuk pengaktifan pnsmail anda. Cukup mudah bukan cara membuat email PNSmail. 🙂

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply